HOME/JOURNAL/UV/LED Lamp For Gel Curing; Is It Dangerous?

UV/LED Lamp For Gel Curing; Is It Dangerous?

Bagi kalian yang sudah pernah melakukan perawatan manicure dengan Gel Polish (kutek gel), pasti tahu bahwa proses pengeringannya hanya bisa menggunakan mesin lampu UV/LED. Ya, berbeda dengan polish biasa, gel polish tidak akan dapat kering (mengeras) tanpa sinar UV/LED.

 

Banyak klien yang bertanya-tanya apakah lampu UV/LED tersebut berbahaya bagi kesehatan? Apakah aman menggunakan lampu tersebut saat dengan hamil/sakit?

 

APA ITU UV/LED LAMP?

 

UV: Ultra Violet (sinar UV memiliki panjang gelombang 380 nm hingga 449 nm)

LED: Light-Emitting Diodes (sinar LED memiliki panjang gelombang 365 nm keatas )

 

Pada awal mula tren gel polish (sekitar sejak tahun 2012 di Indonesia), teknologi lampu pengering gel yang tersedia hanya terbatas pada jenis UV saja. UV Lamp ini memiliki beberapa kekurangan antara lain daya yang kecil membuat proses curing membutuhkan waktu yang lama sehingga kulit tangan lebih lama terekspos sinar UV (walaupun watt-nya kecil). Proses pengeringan gel dengan UV Lamp kira-kira membutuhkan total 8-15 menit.

 

Seiring berkembangnya teknologi, alternatif proses curing dilakukan dengan LED Lamp. Proses curing LED Lamp dapat dilakukan dengan lebih cepat, karena panjang gelombang yang dihasilkan oleh LED Lamp lebih rapat sehingga proses ini hanya memerlukan waktu lebih singkat (total tidak lebih dari 5 menit).

 

 

APAKAH BERBAHAYA?

 

Journal-UV-LED-Light---BIAB

Karena LED Lamp memiliki sinar yang sama dengan UV yang dipancarkan matahari ataupun lampu penerangan; memang tetap memiliki resiko perusakan pada jaringan dermis/kolagen kulit. Namun resikonya sangat amat rendah; karena UV yang dipancarkan oleh nail lamp sangat jauh lebih kecil (wavelength/panjang gelombangnya) dibandingkan matahari. Paparan sinar UV/LED nail lamp kira-kira lebih setara dengan lampu penerangan kamar saja!

 

Untuk ibu hamil, tak perlu khawatir, sinar UV/LED tidak mampu menembus kulit bagian dalam dan membahayakan janin. UV/LED pada nail lamp hanya mampu menembus outer layer dermis (lapisan atas dermis kulit).

 

MANA YANG LEBIH BAIK DAN AMAN? UV ATAU LED LAMP?

Semua jenis lampu pengering gel UV ataupun LED pasti tetap memancarkan gelombang UV. Bohlam (bulb) yang digunakan pada nail lamp juga hampir sama dengan pada lampu penerangan kamar/ruangan. Maka dari itu gel polish yang dioleskan pada kuku dapat mengering juga lho jika terpapar dengan sinar matahari luar ataupun lampu kamar!

 

Secara teknis, penggunaan LED Lamp lebih baik karena berarti kulit yang terpapar sinar UV dari lampu pengering jauh lebih singkat. LED Lamp hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk total pengeringan gel dibandingkan UV yang butuh waktu jauh lebih lama yaitu 8-15 menit.

 

Dandelion salon saat ini menggunakan Blue Light LED Lamp, sehingga proses curing gel polish dilakukan dengan sangat cepat (total dibawah 5 menit) dan lebih aman dari paparan sinar UV yang berkelanjutan. Blue light yang dipancarkan LED Lamp juga mempunyai fungsi antibakterial lho!

 

NEW TECHNOLOGY!: BLUE LIGHT vs. RED LIGHT LED NAIL LAMP!

Journal-UV-LED-Light-Red  

Teknologi terkini juga mengakomodasi supaya proses curing ini dapat dilakukan lebih cepat dan bahkan baik bagi kulit. Penggunaan Red light LED Lamp sudah banyak digunakan pada proses treatment kecantikan dan perawatan gigi. Red light diklaim dapat mengurangi kerutan, menstimulasi produksi collagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan serta perubahan warna kulit.

 

Secara bertahap penggunaan RED Light LED Lamp akan banyak digunakan oleh nails salon untuk keamanan dan efektivitas yang lebih baik pada perawatan Manicure Gel Polish. Termasuk di Dandelion yang akan menyediakan Red Light LED lamp mulai tahun 2023! ✨

Baca hal menarik lainnya mengenai nails treatment dengan klik link ini.

 

Source:

  1. https://us.manucurist.com/blogs/journal/led-and-uv-lamps-whats-the-difference
  2. https://www.nailpro.com/products/tools/article/21307084/tips-for-choosing-the-right-ledcuring-lamp-for-your-nail-salon
  3. https://ledtechnologies.com/blog/red-light-vs-blue-light-therapy/
  4. https://www.nailsmag.com/381616/gel-light-incorporates-anti-aging-technology

Read More